Posted on

5 Kekurangan Dari Kegiatan Shopping Online

5 Kekurangan Dari Kegiatan Shopping Online  – Saat ini masyarakat Indonesia lebih menyukai belanja secara online. Pasalnya kegiatan itu dinilai lebih efektif dan bisa menghemat waktu serta biaya. Selain itu bahkan ada beberapa marketplace yang memberikan promo cuma-cuma hingga gratis ongkir bagi pelanggannya, sehingga membuat sebagian besar masyarakat tidak ragu lagi untuk melakukan belanja secara online. Namun terlepas dari kelebihannya masih ada beberapa kekurangan dari kegiatan shopping online ini. Lantas apa saja kekurangan dari shopping online itu ada yang tahu?.

Beberapa Kekurangan Dari Kegiatan Shopping Online

Seperti yang sudah diketahui sebelumnya bahwa kegiatan shopping online memiliki banyak kelebihan baik dari segi waktu maupun biaya. Namun dibalik kelebihannya itu terdapat juga kekurangan yang perlu diketahui sebelum memutuskan untuk melakukan kegiatan ini. Untuk mengetahui apa saja kekurangannya langsung saja simak rangkuman berikut ini.

1. Rawan Terkena Penipuan

Meskipun saat ini telah banyak toko online yang terpercaya, bukan berarti bahwa Anda akan terhindar dari penipuan. Pasalnya sekarang masih banyak oknum tidak bertanggung jawab mengincar para pembeli yang kurang cerdas dalam shopping secara online. Oleh karena itu perlu lebih berhati-hati lagi dan teliti ketika hendak membeli produk pada situs belanja online. Selain itu pastikan juga bahwa website yang akan digunakan untuk shopping online telah terpercaya. Dimana untuk mengetahui apakah website itu sudah terpercaya atau belum bisa dilakukan dengan cara melihat rating dan review dari orang yang sebelumnya pernah membeli di situs tersebut. Dalam hal ini juga jangan mudah tergiur dengan produk yang murah. Sebab produk yang murah belum tentu kualitasnya baik. Bahkan bisa jadi produk murah itu ketika sudah sampai ke tangan Anda tidak bisa digunakan, sehingga membuat malah mengalami kerugian karena tertipu.

2. Memperoleh Barang Yang Tidak Sesuai Ekspektasi

Tentunya ketika melakukan kegiatan shopping online Anda tidak bisa melihat secara langsung kondisi barang yang jual itu. Sebab pedagang hanya memajang foto maupun gambar yang menarik pada website atau toko onlinenya. Dengan begitu membuat tidak sedikit konsumen yang merasa kecewa dikarenakan produk yang diinginkan kurang sesuai ekspektasi misalnya mendapatkan barang yang rusak dan cacat ketika sampai di rumah. Tentunya hal ini bisa membuat orang menjadi trauma untuk melakukan belanja secara online lagi melalui internet.

3. Pengiriman Yang Lama

Kekurangan selanjutnya dari shopping online yaitu harus menunggu waktu yang lama untuk bisa melihat barangnya. Pasalnya produk yang sudah dibeli belum tentu akan dikirim pada waktu itu juga. Di mana ada beberapa jasa pengiriman yang pada hari hari tentu kegiatan operasionalnya libur, sehingga untuk mengirimkan barang akan dilakukan di kemudian hari. Hal itu tentunya sangat berbeda dengan ketika membeli langsung pada toko ritel. Di mana Anda bisa langsung lihat dan membawa pulang barang yang sudah dibeli tersebut tanpa perlu menunggu beberapa hari.

4. Menyebabkan Menjadi Konsumerisme

Dikarenakan belanja online ini menawarkan banyak diskon dan kemudahan bagi para pelanggannya sehingga membuat tidak sedikit orang yang menjadi implusif dalam membeli barang. Bahkan tanpa disadari ada beberapa orang yang belanja produk-produk bukan karena kebutuhannya melainkan hanya lapar mata saja. Tentunya kebiasaan ini dapat menimbulkan rasa konsumerisme dalam diri seseorang.

5. Dapat Mengganggu Manajemen Keuangan Rumah Tangga

Di dalam kehidupan berumah tangga keuangan termasuk salah satu hal yang penting. Oleh karena itu Anda perlu belanja online secara bijak supaya bisa menghemat pengeluaran bulanan. Namun jika shopping online ini termasuk kedalam hobi guna mengisi waktu luang dan dilakukan secara berkala maka bisa memungkinkan mengganggu manajemen keuangan. Di mana salah satu cara untuk mencegahnya agar hal itu tidak terjadi yakin dengan membuat list barang apa saja yang dibutuhkan ketika hendak belanja online. Saat muncul hasat untuk membeli barang-barang di luar daftar yang telah dibuat maka Anda perlu menanyakan terlebih dahulu kepada diri sendiri apakah memang produk itu dibutuhkan atau hanya keinginan semata. Jika memang benar-benar dibutuhkan belilah.

2 Barang Yang Tidak Perlu Dibeli Secara Online

5 Kekurangan Dari Kegiatan Shopping Online

Meskipun saat ini produk-produk yang dijual di market place sudah lengkap. Bukan berarti Anda harus membeli semua barang itu secara online. Pasalnya ada beberapa produk yang disarankan untuk tidak membelinya secara online guna menghindari penipuan. Adapun beberapa produk yang dimaksud seperti berikut ini.

1. Smartphone

Barang pertama yang sebaiknya tidak dibeli secara online yaitu smartphone. Alasannya yakin ketika Anda membelinya dengan online di marketplace maka secara otomatis tidak bisa menjajal terlebih dahulu kemampuannya seperti kualitas kameranya, suara, baterai dan lain-lain. Selain itu juga rawan terkena penipuan di mana smartphone yang ditawarkan pada website bukan original. Dengan demikian ketika produk sudah sampai rumah ternyata barang yang diperoleh palsu. Bahkan yang lebih parahnya tidak bisa hidup.

2. Produk Branded

Meskipun barang branded yang ditawarkan di market place harganya jauh lebih murah tetap saja janganlah mudah tergiur. Hal itu dikarenakan banyak sekali bahaya yang mengintai kalau membelinya secara online. Misalnya ketika membeli sepatu Adidas dan sudah langsung transfer uang ke penjual. Tetapi sepatu yang datang ke rumah setelah dicek dan disentuh ternyata KW. Oleh karena itu untuk menghindarinya sebaiknya mendatangi langsung toko ritel yang menjual produk branded tersebut.

Itulah beberapa kekurangan dari kegiatan shopping online yang perlu diketahui. Dalam hal ini wajib diingat bahwa ketika hendak belanja online belilah suatu produk yang benar-benar dibutuhkan Jangan hanya lapar mata dan tertarik akan diskon yang banyak.