Posted on

6 Langkah Belanja Online yang Lebih Aman

6 Langkah Belanja Online yang Lebih AmanSeperti yang mungkin Anda ketahui sekarang, Anda dapat membeli apa saja secara online akhir-akhir ini. Selama 10 tahun terakhir, belanja online telah berkembang pesat melalui Internet hingga sebagian besar berbelanja online untuk pakaian, tiket pesawat, acara olahraga, acara konser, dan banyak lagi.

6 Langkah Belanja Online yang Lebih Aman

panpages – Ini menjadi sangat nyaman sehingga mudah untuk melupakan bahwa kita harus waspada dan mengambil tindakan pencegahan tertentu saat kita berbelanja online untuk memastikan informasi keuangan pribadi kita tidak jatuh ke tangan yang salah. Jadi, inilah beberapa pengingat bagi mereka yang baru mengenal belanja online, atau tidak menyadari bahaya yang mengintai di luar sana.

1. Jangan Berbelanja di Hotspot Umum

Berbelanja online itu nyaman, tetapi Anda tidak boleh membuatnya terlalu mudah bagi seseorang untuk meretas akun Anda saat berbelanja. Jadi, hindari melakukan pembelian online saat Anda berada di tempat umum (warung kopi, restoran, pusat perbelanjaan) dan menggunakan Internet nirkabel gratis (“hotspot” atau Wi-Fi). Tidak ada cara untuk memastikan bahwa jaringan aman, dan peretas mengetahui hal ini. Satu-satunya saat Anda harus memasukkan informasi sensitif menggunakan Wi-Fi publik adalah jika Anda menggunakan jaringan pribadi virtual (VPN).

2. Gunakan Situs Web yang Terkemuka dan Aman

Sebelum Anda memasukkan detail kartu Anda ke situs web, pastikan 1) situs web tersebut dapat dipercaya dan 2) bahwa situs tersebut aman. Jika Anda terpikat ke sebuah situs web dengan penawaran hebat mungkin penawaran yang terlalu bagus untuk menjadi kenyataan situs tersebut mungkin menjual barang ilegal atau bajakan. Jika Anda tidak terbiasa dengan situs webnya, tanyakan kepada teman belanja online Anda yang paham teknologi jika mereka pernah menggunakan atau mendengar tentang situs tersebut. Jika belum, lakukan riset online untuk melihat apa yang dapat Anda temukan.

Ketika datang ke keamanan situs, cari simbol gembok kecil di bilah alamat (atau di tempat lain di jendela browser Anda) dan alamat web yang diawali dengan “https://” (“s” berarti aman).

Baca Juga : Tips Aman Agar Tidak Tertipu Ketika Shopping Online

3. Gunakan Kata Sandi yang Kuat

Sebagian besar situs akan menyiapkan akun sebelum Anda dapat melakukan pembelian. Ini adalah ide yang bagus karena itu berarti Anda akan memiliki nama pengguna dan kata sandi serta akun yang disiapkan untuk Anda dan hanya Anda. Anda akan ingin menggunakan kata sandi yang kuat, yang tidak mudah diketahui oleh siapa pun dan yang tidak Anda gunakan untuk situs belanja online lainnya (atau situs web lain apa pun dalam hal ini). Itu hanya praktik yang bagus untuk dilakukan.

4. Langkah Keamanan Pembayaran Tambahan

Situs web, yang valid dan tepercaya, mungkin memiliki satu lapisan keamanan lagi untuk pembelian kartu kredit dan debit online, untuk melindungi Anda. Anda mungkin dimintai kata sandi atau informasi lain. “Verified by Visa” dari Kartu Visa dan “SecureCode” dari MasterCard adalah contohnya.

5. Situs Web yang Baik Juga Meminta Nomor Keamanan Anda

Hampir setiap kali Anda menggunakan kartu kredit, Anda akan dimintai nomor 3 atau 4 digit yang ada di belakang kartu Anda. Ini disebut “nomor keamanan” kartu Anda atau lebih tepatnya, kode “CVV2”. CVV2 adalah singkatan dari “Nilai Verifikasi Kartu 2”, Ini adalah fitur keamanan penting untuk kartu kredit utama dan transaksi kartu kredit yang dilakukan di Internet dan melalui telepon. Kode tersebut terletak di bagian belakang kartu Anda pada atau di atas garis tanda tangan Anda.

Apa tujuan dari ini? Nah, secara teori, bahkan jika seseorang telah menangkap nomor kartu kredit Anda entah bagaimana, tetapi bukan kode rahasia ini, mereka tidak akan dapat melakukan pembelian online atau telepon hanya dengan menggunakan nomor kartu kredit Anda.

6. Gunakan PayPal untuk Privasi Tambahan

Dalam kasus lain, situs web online dapat menyediakan layanan “perantara” pembayaran saat Anda melakukan pembelian di situs web mereka. Anda biasanya akan melihatnya di situs lelang seperti eBay, tempat banyak orang (disebut vendor) menjual barang dagangan mereka sendiri ke publik.

PayPal adalah salah satu layanan yang mungkin pernah Anda dengar. Anda membuat akun PayPal terlebih dahulu, lalu Anda dapat melakukan pembayaran untuk pembelian Anda melalui PayPal. Pada gilirannya, PayPal meneruskan pembayaran Anda ke penjual barang dagangan. Penjual tidak melihat detail akun kartu kredit Anda yang sebenarnya, yang mungkin penting dalam beberapa kasus.

Berbelanja online relatif aman dan bebas stres jika Anda mengikuti ini dan tip keamanan cerdas lainnya. Untungnya bagi kita semua, media sangat baik dalam menjaga kita tetap terinformasi dan waspada dalam hal menjadi pembelanja online yang cerdas.