Posted on

Bagaimana Cara Shopping Online Yang Aman Itu?

Bagaimana Cara Shopping Online Yang Aman Itu?Perkembangan teknologi yang semakin pesat membuat hampir setiap kegiatan manusia bisa dilakukan secara online. Salah satunya yaitu berbelanja. Dalam hal ini Anda bukan hanya sekedar untuk membeli produk saja tetapi juga bisa memperoleh pengalaman menarik dari kegiatan shopping online. Namun sebelum memutuskan untuk membelinya sebaiknya perlu mengetahui beberapa tipsnya.

8 Tips Shopping Online Yang Aman Dan Nyaman

Salah satu kekhawatiran yang sering dirasakan banyak orang sebelum membeli barang secara online yaitu takut mendapatkan produk palsu. Pasalnya ada beberapa orang yang memajang foto produk dagangannya namun tidak sesuai dengan kondisi aslinya. Meskipun begitu Anda tidak perlu takut karena ada beberapa tips agar kegiatan shopping online terasa lebih nyaman dan aman seperti berikut ini.

1. Memahami Deskripsi Tentang Produk

Biasanya foto produk asli maupun palsu yang dipajang pada website jualan online terlihat sangatlah mirip, sehingga membuat sulit untuk membedakannya. Meskipun begitu tetap saja penting untuk mempelajari secara detail produk yang hendak dibeli itu agar nantinya tidak mendapatkan barang palsu. Di mana salah satu cara termudah untuk membedakannya yaitu dengan melihat penulisan nama produknya apakah sudah benar atau belum. Selain itu Anda juga bisa membandingkan produk yang diincar itu dengan website resminya.

2. Memeriksa Keaslian Penjual

Jika sudah berhasil menemukan produk yang hendak dibeli maka langkah selanjutnya yaitu memeriksa keaslian penjual. Selain itu perlu juga mencari tahu dari mana barang itu berasal apakah langsung dari penjual pertama atau pihak ketiga. Umumnya jika mendapatkan barang itu dari pihak ketiga resiko memperoleh produk palsu sangatlah tinggi. Meskipun begitu tidak perlu khawatir karena ada beberapa tips yang bisa diikuti ketika menggunakan vendor pihak ketiga seperti berikut.

Cobalah untuk meneliti namanya apakah sudah sesuai atau tidak. Periksalah kebijakan pengembalian yang biasanya tertera pada website jual beli tersebut. Baca juga review dari para pembeli sebelumnya.

3. Waspada Dengan Barang Yang Sangat Murah

Perlu untuk digarisbawahi membeli barang murah di market place belum tentu menjadi jaminan akan mendapatkan produk yang berkualitas. Oleh karena itu jangan mudah termakan rayuan dari toko online semacam ini. Sebaiknya Anda perlu memperhatikan beberapa hal seperti berikut ini agar bisa mendapatkan produk berkualitas dan terhindar dari penipuan.

Jangan sampai penawaran barang murah itu menjadikan Anda terburu-buru dalam mengambil keputusan untuk melakukan transaksi serta memberikan data pribadi berupa email, nomor kredit hingga password.
Umumnya barang yang dijual murah memiliki kemiripan dengan produk branded, maka dari itu penting untuk mencermati barang bermerek yang ditawarkan tersebut.
Sebelum memutuskan untuk membeli barang murah Anda juga harus melakukan survei harga terlebih dahulu terhadap produk yang hendak dibeli itu.

4. Menentukan Cara Pembayaran Yang Dianggap Paling Aman

Di dalam kegiatan shopping online sangat dianjurkan untuk memilih metode pembayaran berupa COD. Hal itu dikarenakan pembayarannya bisa dilakukan ketika barang sudah ada. Dengan begitu risiko terjadinya penipuan bisa diperkecil. Namun jika pada marketplace itu tidak ada pilihan COD sebaiknya gunakan rekening bersama. Di mana cara kerja rekening bersama tersebut yaitu seorang pembeli akan mentransfer kepada pihak perantara, setelah barang itu diterima oleh konsumen nantinya pihak perantara yang akan mentransfer langsung ke penjual. Dalam hal ini usahakan Anda tidak mentransfer uang itu terlebih dahulu kecuali jika toko online tersebut sudah benar-benar terpercaya. Perlu diketahui bahwa biasanya marketplace yang baik akan menggunakan rekening perusahaan untuk melakukan kegiatan transaksi.

Bagaimana Cara Shopping Online Yang Aman Itu

5. Lebih Baik Menggunakan Perangkat Milik Sendiri

Ketika memutuskan untuk membeli produk secara online pastikan menggunakan perangkat milik sendiri baik smartphone maupun komputer. Hal itu perlu dilakukan dengan tujuan agar keamanan finansial tetap terjaga. Selain itu agar terhindar dari kejahatan dunia maya Anda juga perlu menginstal sejumlah software pada perangkat seperti anti virus, anti firewall dan spyware. Di mana software itu bisa Anda temukan dengan mudah di Play Store.

6. Menyimpan Bukti Transaksi

Biasanya ketika belanja secara online akan mendapatkan struk bukti transaksi yang dikirim melalui pesan elektronik berupa email. Dalam hal ini sebaiknya sebelum produk yang dibeli sampai ke tangan Anda, simpanlah semua struk tersebut. Kegiatan ini bertujuan untuk berjaga-jaga ketika barang tersebut tidak kunjung sampai di rumah Anda bisa langsung menghubungi penjual dengan menyertakan bukti telah membayarnya agar nantinya segera diganti dengan produk baru sesuai pesanan sebelumnya.

7. Membaca Dengan Seksama Semua Kebijakan Yang Ada Di Dalam Marketplace

Meskipun kelihatannya sepele membaca “syarat dan ketentuan “yang ada di dalam marketplace penting untuk dilakukan. Karena hal ini nantinya akan bermanfaat apabila terjadi suatu hal di luar dugaan. Contohnya produk yang diterima dalam kondisi cacat, dengan membaca terlebih dahulu syarat dan ketentuan Anda jadi bisa mengetahui bagaimana cara mengembalikannya dan ketahui ongkir akan dibebankan kepada siapaketahui ongkir akan.

8. Memastikan Marketplace Yang Dipilih Telah Terpercaya

Tips terakhir agar kegiatan shopping online aman yaitu memastikan bahwa toko tempat Anda membeli produk telah terpercaya. Di mana Untuk mengetahui toko itu sudah terpercaya atau belum bisa dilakukan dengan cara melihat review dari pelanggan sebelumnya menggunakan bantuan mesin pencarian berupa Google dan Yahoo. Dalam hal ini penting juga untuk memperhatikan alamat website marketplace tersebut guna memperkecil resiko kebocoran data dan informasi.

Demikianlah pembahasan singkat tentang tips belanja online yang bisa Anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari supaya terhindar dari risiko penipuan oleh pihak tidak bertanggung jawab. Ketika melakukan shopping online pastikan bahwa barang yang dibeli juga telah sesuai dengan kondisi buget milikmu.