Posted on

Berbagai Istilah Dalam Jual Beli Online

Berbagai Istilah Dalam Jual Beli Online

Berbagai Istilah Dalam Jual Beli Online – Siapa yang tidak tahu dengan istilah belanja online, hampir semua orang pasti mengenal apa itu belanja online. Belanja online adalah suatu suatu kegiatan jual beli yang dilakuakan melalui marketplace yang diakses melalui perangkat komputer, laptop atau smartphone dengan jaringan internet, dimana antara penjual dan pembeli tidak saling bertemu. Dengan banyaknya marketplce yang bermunculan, orang-orang semakin dimudahkan dalam melakukan kegiatan berlanja untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Terutama di masa pandemi seperti sekarang ini, dimana menjaga jarak merupakan salah satu langkah untuk mencegah penularan. Kehadiran berbagai platform jual beli online tentu saja menjadi sangat dibutuhkan.

Umumnya komunikasi antara penjual dengan pembeli yang melakukan kegiatan jual beli online, dilakukan melalui fitur chat pada platform yang digunakan untuk transaksi online. Karena dilakukan melalui fitur chat, maka banyak istila-istilah yang digunakan untuk memudahkan komunikasi antara penjual dan pembeli. berikut ini beberapa istilah yang perlu di ketahui, agar memeudahkan saat melakukan belanja secara online.

1. COD
Cash On Delivery atau COD adalah sistem pembayanran yang dilakukan secara tunai, pada saat barang diterima pembeli.

2. Ongkir dan Free Ongkir
Ongkir kependekan dari ongkos kirim. Yaitu biaya untuk pengiriman barang yang dibebankan kepada pembeli. sedangkan free ongkir bearti bebas biaya pengiriman atau gratis.

3. Dropship
Dropshi adalah sistem jual beli online, dimana pihak ketiga hanya membantu menjualkan barang dari penjua tanpa harus menyetoknya terlebih dahulu. Atau dengan kata lain sebagai perantara.

4. Reseller
Reseller adalah orang yang menjual kembali produk yang sudah dia beli dari penjual sebelumnya. berbeda dengan dropship yang tidak perlu menyetok barang, untuk menjadi reseller tentu saja harus menyetok barang.

5. PO
PO kependekan dari pre-order, yaitu sistem penjualan dimana pembeli harus memesan barangnya terlebih dahulu, karena bartang yang ingin dibeli belum diproduksi.

6. Official Store
Official store adalah toko resmi sebuah brand pada platform jual beli online.

7. DM dan PM
DM atau drirect message dan PM artinya personal message. Kedua istilah itu mempunyai arti yang sama, yaitu pembeli dapat berkomunikasi secara langsung dengan penjual melalui fitur chat.

8. No Resi
No resi adalah serangkaian angka yang di keluarkan dari pemilik jasa pengiriman. No resi digunakan untuk melacak posisi barang yang kida pesan.

price list

9. PL
PL singkatan dari price list, yaitu daftar harga adari suatu produk. Price list biasanya diminta oleh pembeli melalui DM jika penjual tidak mencantumkan daftar harga pada produk yang dijual.

10. Ready Stock
Ready stock bearti barang yang di jual masih ada.

11. Sold Out
Sould Out artinya barang sudah habis terjual dan tidak ada stocknya.

12. DP
DP atau Down Payment adalah pembayaran sejumlah uang yang digunakan sebagai tanda jadi pemesana suatu barang. DP yang sudah dibayarkan umumnya tidak bisa dikembalikan apabila pembeli membatalkan pesanannya.

13. Check Out
Check out adalah istilah yang digunakan ketika sudah selesai memilih barang dan memasukkan kekeranjang dan sudah siap untuk melakukan pembayaran, agar barang pesanan bisa segera diproses.

14. Testimoni
Testimoni adalah ulasan dari pembeli untuk menilai produk atau pelayanan dari penjual. Pembeli biasanya menentukan apakah penjual itu terpercaya atau melalui testimoni dari pembeli sebelumnya. Semakin bagus testimoninya akan semakin terpercaya toko tersebut, begitupun sebaliknya.