Posted on

Panduan Orang Tua untuk Keamanan Berbelanja Online

Panduan Orang Tua untuk Keamanan Berbelanja OnlineBerbelanja online membuat hidup jauh lebih mudah, tetapi ada beberapa tindakan pencegahan yang harus dilakukan saat anak-anak Anda mengendalikan mouse. Untungnya, dengan mempertimbangkan beberapa kiat ahli, Anda dapat menjaga anak Anda tetap aman dan informasi keuangan Anda aman. Anda juga dapat memastikan bahwa pembelian yang dilakukan keluarga Anda memiliki kualitas terbaik.

Panduan Orang Tua untuk Keamanan Berbelanja Online

panpages – Panduan kami menawarkan semua yang perlu Anda ketahui tentang menjaga keamanan anak-anak Anda saat berbelanja online. Yang terpenting, kami ingin Anda dan keluarga memiliki pengalaman online yang aman dan menyenangkan, di mana Anda dapat menemukan harga terbaik untuk produk terbaik . Baca terus untuk mengetahui tentang keamanan belanja online, atau gunakan tautan lompat di bawah untuk melompat ke bagian tertentu.

1. Mempersiapkan Anak Anda Secara Online

Sebelum Anda memberikan izin kepada anak-anak Anda untuk melakukan pembelian secara online, pastikan perlindungan yang tepat sudah ada. Dengan menyiapkan beberapa aspek, Anda dan anak Anda akan merasa tenang saat melakukan pembelian online. Langkah awal ini dapat diselesaikan di perangkat apa pun, apa pun sistem operasi Anda.

Baca Juga : Belanja Online: 10 Tips Mudah Mendapatkan Penawaran Terbaik

Setel kontrol orang tua jika memungkinkan

Banyak sistem operasi komputer memungkinkan Anda menempatkan kontrol orang tua di internet dan penggunaan program. Secara khusus, Anda dapat menyesuaikan pengaturan Anda untuk memblokir situs tertentu atau menetapkan batas waktu internet.

Misalnya, Anda dapat memastikan anak-anak Anda tidak dapat mengakses situs yang tidak Anda inginkan untuk mereka akses, yang dapat melindungi mereka dari melihat konten yang tidak pantas dan melakukan pembelian yang tidak disetujui. Anda bahkan dapat mengakses laporan aktivitas yang menunjukkan situs web yang telah dikunjungi anak Anda.

Biasanya, kontrol orang tua dapat ditemukan di pengaturan sistem operasi Anda. Mengikuti petunjuk, sesuaikan pengaturan dengan jumlah pengawasan yang Anda inginkan; ingat mereka selalu bisa diubah.

Ajarkan dasar-dasar komputer dan belanja online

Meskipun belanja online mungkin tampak mudah, penting untuk menjelaskan dasar-dasarnya kepada anak Anda. Mereka harus tahu cara menavigasi internet, meneliti informasi, dan mengetik dengan keyboard.

Jika Anda tidak yakin dengan tingkat keterampilan komputer anak Anda, berlatihlah menjelajahi beberapa situs belanja sebelumnya. Anda bahkan dapat melakukan pembelian tiruan sebagai praktik untuk menunjukkan kepada mereka langkah-langkah umum. Kami membahas detail lebih lanjut tentang keamanan belanja online dan metode pembayaran nanti dalam panduan ini. Yang terpenting, Anda ingin merasa nyaman dengan apa yang dilakukan anak Anda saat Anda tidak berada di kamar.

Instal perangkat lunak antivirus

Banyak pilihan perangkat lunak antivirus tersedia untuk komputer Windows, macOS, dan Android. Pilih salah satu yang menyertakan pembaruan otomatis, tingkat deteksi malware yang tinggi, serta perlindungan web dan email. Pertimbangkan program berperingkat tinggi seperti Kaspersky , Norton , dan Avast untuk melindungi komputer Anda dan mengamankan sistem Anda dari malware dan peretas.

Selalu perbarui perangkat lunak Anda

Anda pasti ingin terus memperbarui program perangkat lunak dan aplikasi untuk menjaga stabilitas, kinerja, dan keamanannya. Banyak program menawarkan opsi pembaruan otomatis dalam pengaturannya atau Anda dapat memperbarui secara manual. Pastikan untuk memperbarui program Anda setiap tiga hingga enam bulan untuk memastikan Anda memiliki versi terbaru dan teraman.

Buat kata sandi yang kuat

Peretas mengungkap informasi pribadi dan keuangan dengan berbagai cara, tetapi rute termudah adalah melalui kata sandi yang lemah. Mereka dapat mencuri apa pun dari alamat rumah Anda hingga kartu kredit dan detail login bank Anda. Itulah mengapa penting untuk menetapkan kata sandi yang kuat untuk setiap situs web.

Anda harus memvariasikan kata sandi Anda sehingga tidak ada dua yang sama. Dengan begitu, jika seorang peretas mengetahui salah satu kata sandi Anda, mereka tidak akan dapat membobol akun Anda yang lain.

Pertimbangkan untuk memasang program seperti LastPass atau 1Password . Program-program ini menyediakan brankas yang aman untuk kata sandi Anda sehingga Anda tidak perlu mengingat atau menuliskannya. Gudang kata sandi juga dapat menghasilkan kata sandi yang kuat dan merekamnya untuk Anda — memberi Anda kata sandi acak yang dibuat dengan baik untuk berbagai situs web dan akun.

Mempertahankan tingkat keamanan yang tinggi dengan kata sandi Anda membantu mencegah pencurian identitas dan pelanggaran informasi lainnya.

Tetapkan kata sandi yang tidak dapat diakses oleh anak-anak Anda

Ingin mencegah anak-anak Anda membeli aplikasi atau masuk ke komputer Anda tanpa izin? Tetapkan kata sandi unik untuk situs web belanja tertentu atau komputer Anda. Ubah kata sandi sesering mungkin, seperti setiap minggu, untuk memastikan anak-anak Anda tidak mengakses hal-hal yang seharusnya tidak mereka lakukan.

Bangun profil individual di komputer

Membuat profil terpisah di komputer Anda memungkinkan Anda menyesuaikan desktop, menyetel preferensi aplikasi, dan mengatur file pribadi Anda. Profil individu juga memungkinkan Anda menetapkan parameter keamanan dan internet tertentu. Dengan membuat profil untuk anak-anak Anda, Anda dapat memantau penggunaan komputer mereka lebih dekat dan merahasiakan informasi Anda sendiri.

Sesuaikan akses internet

Personalisasikan akses internet Anda untuk pengalaman pengguna yang lebih baik. Ubah login dan kata sandi untuk jaringan WiFi Anda, beri nama perangkat Anda, dan tetapkan preferensi Anda. Anda bahkan dapat menjeda akses WiFi di perangkat tertentu atau mengatur waktu tidur di mana WiFi tidak lagi tersedia hingga pagi hari.

2. Menjaga Anak Anda Tetap Aman Saat Berbelanja Online

Saat anak-anak Anda memilih barang dan perusahaan untuk dibeli, pastikan mereka tahu apa yang harus dicari. Misalnya, situs web perusahaan harus aman dan produk harus memberikan ulasan positif. Dengan meluangkan waktu untuk mendidik anak-anak Anda tentang aspek-aspek utama belanja online, mereka akan membuat keputusan yang lebih aman dan tepat.

Pastikan situs aman (HTTPS)

Saat bertukar informasi di internet, Anda ingin memastikan bahwa Anda berada di jaringan yang aman. Cara sederhana untuk menentukan apakah sebuah situs web aman adalah dengan melihat URL atau alamat web. Jika situs web dimulai dengan HTTPS (bukan HTTP), situs tersebut aman.

Saat memasukkan informasi, seperti kartu kredit atau alamat Anda, mintalah anak Anda memverifikasi terlebih dahulu bahwa situs web tersebut menggunakan HTTPS. HTTPS juga memberi tahu Anda bahwa situs web tersebut bersertifikat — artinya memiliki sertifikat SSL. Dengan kata lain, informasi yang dikirim antara Anda dan situs web dienkripsi, pribadi, dan aman.

Periksa reputasi penjual dan ulasan produk

Sebelum melakukan pembelian online apa pun, sebaiknya baca ulasan positif dan negatif secara menyeluruh. Anak-anak Anda harus melihat pro dan kontra yang tercantum tentang produk dan penjual.
Apa kebijakan pengembaliannya? Seberapa cocok barang dengan deskripsi yang diberikan? Apakah kebanyakan orang senang dengan kualitasnya? Dengan memeriksa ulang aspek-aspek ini sebelum membeli, Anda menghindari membeli sesuatu yang berkualitas rendah atau dengan perusahaan yang tidak memiliki reputasi baik.

3. Menjaga Keamanan Anak Anda Saat Membayar Online

Memasukkan informasi pribadi secara online, apakah itu kartu kredit atau nomor jaminan sosial Anda, adalah bisnis yang serius. Pastikan anak-anak Anda menyimpan informasi Anda seaman mungkin, terutama detail keuangan apa pun. Sayangnya, ada peretas yang secara khusus menargetkan data pribadi dan keuangan, sehingga tindakan pencegahan harus dilakukan.

Tinjau pedoman berikut dengan anak-anak dan remaja Anda sebelum mereka melakukan pembelian secara online. Langkah-langkah ini membantu menjaga keamanan semua orang.

Jangan gunakan kartu debit

Meskipun kartu debit mungkin merupakan cara sederhana dan murah untuk melakukan pembelian secara online, kartu debit memiliki risiko penipuan dan pencurian yang lebih tinggi. Lagi pula, kartu debit Anda terhubung langsung ke rekening bank Anda.

Jika seseorang mengetahui informasi kartu debit Anda, mereka akan memiliki akses ke rekening bank Anda, yang jauh lebih berisiko daripada peretas yang mendapatkan kartu kredit dengan perlindungan penipuan. Dana yang dicuri langsung keluar dari rekening debit. Namun, dengan kartu kredit, ada penundaan saat uang keluar dari cek atau tabungan Anda.

Karena perlindungan penipuan yang ditawarkan oleh kartu kredit dan jeda waktu sebelum uang diambil dari akun Anda, kartu kredit adalah metode pembayaran paling aman untuk anak-anak yang berbelanja online.

Pilih metode pembayaran yang aman

Kurangi peluang Anda untuk mencuri informasi dan pencurian dengan memilih metode pembayaran yang aman untuk setiap transaksi. Pilihan teraman adalah kartu kredit atau sistem pembayaran pihak ketiga seperti PayPal atau Google Pay .

Sebagian besar perusahaan kartu kredit menawarkan perlindungan penipuan, yang memungkinkan Anda membalikkan tagihan yang salah. Sebaliknya, opsi pihak ketiga memberikan tingkat keamanan ekstra dengan menyimpan informasi bank atau kartu kredit Anda di lokasi terpusat, bukan di sejumlah situs web.
Ketika anak-anak Anda berbelanja online, mereka harus jelas tentang metode pembayarannya. Beri tahu mereka tentang kartu kredit atau sistem pembayaran pihak ketiga mana yang Anda izinkan untuk mereka gunakan secara online.

Jangan pernah menyimpan informasi pembayaran

Setelah melakukan pembelian, situs web sering menanyakan apakah Anda ingin menyimpan kartu kredit atau informasi pembayaran di server mereka. Praktik paling aman adalah tidak menyimpan detail pembayaran Anda di situs web eksternal. Dengan membatasi jumlah lokasi penyimpanan detail keuangan Anda, Anda mengurangi peluang bagi peretas untuk mencuri informasi Anda.

Periksa ulang total

Sangat mudah bagi seorang anak atau remaja untuk merasa senang atau terganggu saat melakukan pembelian secara online. Bicarakan dengan mereka tentang memverifikasi total sebelum melakukan pembelian akhir. Mereka harus meninjau pajak, biaya pengiriman, dan biaya penanganan tambahan.